Posted by : Unknown Senin, 07 November 2016



Hallo.. back lagi di Blog Minimalis ini :v bersama orang termanis di dunia alias gue :v /plis jangan timpuk gue/ Kali ini gue bakal bagi ilmu tentang nulis Hangul.

Di zaman modern ini gampang banget cara akses info sampe ke luar negeri. Hal ini yang bikin kita bisa ngenal Korea, terutama yang lebih populer adalah Korea Selatan. Salah satu negara favorite gue juga tuh #eak /gak nanya woii/ Hehehe, jadi gini loh genks, sekarang ini banyak banget orang yang suka Korea terutama sama cogan-cogannya, cecan-cecannya :v iya kan? ngaku deh lo!

Dan ternyata bukan cuma anak-anak SD/SMP/SMA aja kok yang suka sama Boy Band and Girl Band Korea Selatan. Ternyata genks, ada orang yang sudah menikah, sudah punya anak, sudah tua, mereka juga suka K-POP, keren kan? tapi lebih keren lagi kalo kita mencintai negara kita sendiri yang super kaya ini (Indonesia). Like Korea but still love Indonesia, sip kan?

Ya udah deh daripada banyak omong, cuss kita mempelajari huruf-huruf Korea alias Huruf Hangeul. Yang akan gue perkenalkan lebih awal adalah huruf Korea Vokal Dasar yang terdiri dari 10 huruf. Berikut huruf-huruf Korea vokal dasar beserta cara membacanya :

No
Huruf
Bunyi
1
 
 a
2
 
 ya
3
 
 eo/o
4
 
 yeo
5
 
 o
6
 
 yo
7
 
 u
8
 
 yu
9
 
 eu/u
10
 
 i


Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula Pengenalan Konsonan Dasar

Setelah Lo/Kamu/Anda/Kalian mengenal huruf Korea vokal dasar, selanjutnya mari kita lihat huruf Korea konsonan dasar. Huruf Korea konsonan dasar ini terdiri dari 14 huruf. Berikut adalah huruf Korea konsonan dasar beserta cara membacanya :
No
Huruf
Nama
Bunyi Awal
Bunyi Tengah
Bunyi Akhir
1
kiyeok
k/g
g
k
2
nieun
n
n
n
3
tigeut
t/d
d
t
4
rieul
r/l
r/l
l
5
mieum
m
m
m
6
pieup
p/b
b
p
7
siot
s
s
t
8
ieung
ng
9
chieut
ch
j
t
10
ch’ieut
ch
ch
t
11
khieuk
kh
kh
k
12
thieut
th
th
t
13
phieup
ph
ph
p
14
hieut
h
h
t


Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula Pengenalan Vokal Rangkap

Selanjutnya dari vokal dasar dan konsonan dasar tersebut kemudian dikembangkan lagi menjadi vokal rangkap dan konsonan rangkap. Jika Anda sudah menguasai huruf korea vokal dasar dan konsonan dasar diatas, maka saya rasa sudah cukup. Sehingga ketika mempelajari huruf Korea vokal dan konsonan rangkap tidak sulit lagi. Karena huruf Korea vokal dan konsonan rangkap hanya perkembangan dari vokal dan konsonan dasar.
Berikut huruf Korea vokal rangkap yang terdiri dari 11 huruf gabungan dari vokal dasar :
No
Huruf
Bunyi
Proses
1
ae/e
+
2
yae/ye
+
3
e
+
4
ye
+
5
oe
+
6
wa 
+
7
 wae/we
+
8
wo
+
9
 we
+
10
 wi
+
11
eui/ui
+


Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula Pengenalan Konsonan Rangkap

Begitu juga dengan huruf Korea konsonan rangkap, seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa huruf rangkap hanya terdiri dari perkembangan huruf dasar. Maka huruf Korea konsonan rangkappun perkembangan dari huruf Korea konsonan dasar.
Berikut adalah huruf Korea konsonan rangkap yang terdiri dari 5 huruf :
No
Huruf
Bunyi Awal
Bunyi Tengah
Bunyi Akhir
1
kk
kk
k
2
tt
tt
3
pp
pp
4
ss
ss
t
5
cc
cc

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. wah, bahasanya komunikatif ya kak, bikin gampang nyernanya hehe. btw, ini berrguna bgt kak, izin copas y. btw lagi, warna font-nya tolong diperhatikan lagi ya kak <3

    BalasHapus

- Copyright © Hilarious Word - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -